Minggu, 27 Desember 2015

KRITIK SENI



MENJELANG ULANG TAHUN



            Lukisan berjudul “Menjelang Ulang Tahun” merupakan lukisan yang dibuat oleh Suprobo tahun 2013 dengan menggunakan cat minyak diatas kanvas dengan ukuran 130 x 200 cm. Dalam lukisan “Menjelang ULang Tahun” tersebut menampilkan subject matter seorang anak perempuan yang meniup balon. Subject pendukung pada lukisan tersebut berupa bayangan dari anak perempuan pada lukisan dan background. Unsur warna yang terdapat pada subject matter adalah  warna ocre bergradasi hitam pada anak dan warna merah muda pada balon. Pada bayangan sendiri diberi warna hitam dengan sedikit sapuan warna ocre. Pada background, terdapat warna ocre, putih, dan cokelat yang kemudian digradasi hingga bisa menjadi agak gelap dan terang. Komposisi objek lukisan di letakkan sepertiga bagian dari keseluruhan background membentuk keseimbangan asimetris dengan warna dominan cokelat krem (ocre) dan sedikit warna merah jambu pada balon.
Dari segi teknik pembuatan karya, lukisan “Menjelang Ulang Tahun” digarap dengan teknik plakat. Lukisan tersebut bertekstur halus menggunakan sapuan kuas yang lembut dan menggunakan teknik realis namun dengan pendekatan simbolik. Bentuk atau form dari karya Suprobo ialah realistik dengan gaya minimalis. Proses penciptaannya terlihat penuh persiapan dan cukup matang tercermin dari hasil karyanya yang rapi dan tertata. Ia mencoba menyampaikan pemikirannya dalam bentuk karya dua dimensi yang menyiratkan segala isi hatinya melalui torehan kuas di kanvas dengan pilihan warna- warna yang menjadi karakter dalam karya lukisnya.   
Representasi visual ditampilkan dengan bentuk realis yang terencana, tertata dan rapi, sesuai dengan konsep realis yang menyerupai bentuk asli suatu objek. Penggunaan gelap terang warna juga telah bisa memvisualisasikan gambar sesuai nyata. Penggarapan background yang digarap kosong hingga menonjolkan subject matter, sehingga lukisan Suprobo terlihat sederhana namun menarik seperi ciri khas dari lukisan-lukisannya yang lain.
Dalam berkarya Suprobo mampu mengemas karyanya hingga memiliki karakter tersendiri yang menceritakan tentang fenomena-fenomena yang terjadi disekitar kita namun disimbolkan dengan sesuatu yang menarik dan penuh makna. Seperti karya-karyanya yang lain, lukisan-lukisan Suprobo di gambarkan dengan gaya minimalis dan pendekatan simbolik. Tidak banyak objek yang ditampilkan pada lukisan Suprobo. Suprobo kebanyakan menggunakan anak kecil sebagai objek lukisannya. Warna-warna yang ditampilkan juga tidak banyak, Suprobo lebih banyak menggunakan warna-warna gradasi.
Dalam setiap karya seni sudah pasti terdapat makna dan pesan yang ingin disampaikan oleh seniman kepada audien atau masyarakatumum. Agar dapat mengetahui makna dan pesan dalam karya seni yang ingin disampaikan, kita membutuhkan intepretasi/ penafsiran untuk memaknainya yang didahului dengan mendeskripsikan. Dalam mendeskripsikan suatu karya seni, setiap orang mungkin saja sama karena mendeskripsikan adalah berkaitan dengan apa yang dilihatnya, tetapi dalam menafsirkan akan berbeda karena adanya perbedaan sudut pandang atau paradigma dari setiap orang.
Dalam lukisan yang berjudul “Menjelang Ulang Tahun” ini, sang seniman mencoba menampilkan fenomena tentang keadaan batin seseorang. Lukisan berjudul “Menjelang Ulang Tahun” tersebut berkesan sedih, sunyi, dan muram. Anak kecil yang meniup balon sendirian mengesankan dia sedang dalam kesepian namun dengan dia meniup balon menandakan dia masih ingin berharap. Dan warna balonku merah muda yang menandakan keceriaan. Sehingga lukisan tersebut seperti menceritakan tentang seorang gadis kecil yang masih berharap kebahagiaan di hari ulang tahunnya. Makna lukisan tersebut menunjukkan bahwa setiap orang pasti berharap tentang kebahagiaan dalam dirinya.
Penialaian keindahan suatu karya seni tidak hanya berdasar objek yang dilukis tetapi juga menyangkut isi dan makna. Pada lukisan “Menjelang Ulang Tahun” ini merupakan karya yang berkualitas, karena selain unsur visualnya digarap dengan serius, lukisan ini juga penuh dengan makna. Lukisan terdapat emosi, pemikiran dan kepribadian Suprobo untuk menyampaikan gagasan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar